PERKUMPULAN PENYELENGGARA

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PPAUD)

Pendidikan menjadi kebutuhan dasar bagi setiap manusia yang berlangsung seumur hidup sejak lahir hingga akhir hayat. Pendidikan harus dimulai sedini mungkin karena pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini merupakan masa emas untuk mengoptimalkan kecerdasan dan membentuk karakter anak.

 

Pendidikan anak usia dini (PAUD) mempunyai peran yang sangat penting dalam proses pembangunan bangsa karena melalui pendidikan akan terwujud generasi penerus bangsa yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berkepribadian dan berjiwa kebangsaan Indonesia.

 

Kesadaran akan tanggung jawab untuk membangun dan menyiapkan generasi penerus bangsa inilah, organisasi-organisasi penyelenggara PAUD sebagai bagian dari komponen bangsa sepakat untuk berhimpun dalam suatu wadah organisasi demi memperjuangkan hak anak-anak Indonesia untuk mendapatkan pendidikan yang terbaik sesuai dengan tumbuh kembangnya. Cikal bakal organisasi ini dibentuk pada tahun 1953 dengan nama Gabungan Sekolah Taman Kanak-Kanak, kemudian pada tahun 1957 berubah nama menjadi Gabungan Taman Kanak-Kanak Indonesia (GTKI), dan akhirnya pada tahun 1970 berubah nama menjadi menjadi Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-Kanak Indonesia (GOPTKI) yang bertujuan untukmempersatukan organisasi, yang menyelenggarakan PAUD untuk membina dan mengembangkan PAUD.

 

PAUD merupakan salah satu  upaya untuk mencetak generasi penerus bangsa, dan dapat dilakukan secara optimal jika seluruh organisasi penyelenggara  PAUD  di Indonesia bersatu dan bersinergi menumbuhkan kesadaran bersama bahwa dengan bersatu dan bersinergi akan berdampak lebih besar dan signfikan bagi kemajuan   PAUD  daripada berjuang sendiri-sendiri. Tantangan yang semakin besar dalam membina anak usia dini di era saat ini, dapat dihadapi dengan baik jika  organisasi penyelenggara  PAUD  di seluruh Indonesia bersatu dan bersinergi. Kelebihan,  karakteristik maupun kelemahan  masing-masing organisasi penyelenggara dapat menjadi inspirasi bagi organisasi penyelenggara lainnya dan menjadi motivasi tersendiri untuk berjuang bersama-sama dalam mengembangkan organisasinya.

 

Selain  itu, sinergi antar organisasi penyelenggara   PAUD  akan memotivasi setiap organisasi penyelenggara terus berinovasi dan mempunyai ide-ide yang relevan sesuai dengan kebutuhan jaman karena dengan berhimpun dalam sebuah organisasi akan banyak mendapatkan sudut pandang yang lebih luas, utuh dan menyeluruh dalam menyelesaikan setiap permasalahan dalam upaya mencetak generasi penerus bangsa.

 

Untuk menghadapi dinamika dalam organisasi dan   perubahan dalam kehidupan berbangsa, bernegara, dan berpemerintahan serta tantangan global  yang semakin besar, perlu dilakukan perubahan baik menyangkut nama dan bentuk organisasi, ketentuan keanggotaan dan kepengurusan maupun perubahan lainnya. Perubahan ini tidak akan menghilangkan semangat dan roh organisasi sebagaimana dicita-citakan para pendirinya, yaitu mewujudkanpenyelenggaraan PAUD yang maju untuk mempersiapkan generus bangsa yang berkarakter Indonesia, justru dengan perubahan ini  akan memperkuat eksistensi organisasi  untuk ikut berperan secara optimal demi kemajuan dan peningkatan kualitas PAUD di Indonesia.

 

Dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut di atas maka dalam Konggres XIII pada tanggal 26 November 2022, GOPTKI menjadi organisasi masyarakat yang berbadan hukum yang berbentuk Perkumpulan sehingga berubah namanya menjadi Perkumpulan Penyelenggara Pendidikan Anak Usia Dini (PPAUD).

Scroll to Top